Bikin Aturan Main Perdagangan Kripto, Kemendag Mau Gandeng BI

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Bikin Aturan Main Perdagangan Kripto, Kemendag Mau Gandeng BI

Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Bank Indonesia (BI) akan berkolaborasi untuk menyempurnakan aturan perdagangan kripto (cryptocurrency) sebagai sebuah aset atau komoditi digital.

Bahkan, tak menutup kemungkinan kolaborasi ini akan melibatkan para pemangku kepentingan lainnya seperti Kementerian Keuangan hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Nilai perdagangan dan potensi aset kripto sangat besar, termasuk dalam sektor moneter. Sinergi, koordinasi dan kolaborasi dengan Bank Indonesia sangat penting,” kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam keterangan tertulis, Rabu (8/9/2021).

Baca jugaAlasan di Balik Ngototnya Kemendag Bikin Bursa Kripto RI

Jerry mengatakan teknologi aset kripto dapat dikembangkan di sektor-sektor lainnya. Kendati pengaturan perdagangan komoditi berada di bawah Bappebti, namun koordinasi antar pemangku terkait juga perlu dilakukan.

“Sebagai contoh, teknologi blockchain dan kripto bisa dikembangkan dalam bidang asuransi, konstruksi, jasa hingga hal-hal yang bersentuhan dengan urusan lingkungan dan sosial,” katanya.

Jerry menilai pengembangan aset kripto khususnya yang memiliki basis underlying asset perlu mendapat perhatian serius. Hal Ini untuk mengintegrasikan sektor keuangan dan perdagangan digital dengan ekonomi riil masyarakat.

“Misalnya dalam pengembangan layanan umum seperti jalan tol, itu jelas jalan tolnya, lahannya dan lain-lain. Kalau itu bisa dikelola dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan blockchain tentu akan lebih terjamin dari sisi asetnya,” katanya.

“Dengan begitu perdagangan digital dengan underlying aset jalan tol pasti akan dirasakan lebih aman bagi semua pihak.” jelasnya.

Baca jugaOxygen for Indonesia Kumpulkan Donasi Sebesar 61 Miliar Rupiah

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan otoritas moneter telah menegaskan kripto tidak dianggap sebagai mata uang di Indonesia melainkan sebagai aset digital.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang (UU) 7/2011 tentang Mata Uang. Maka dari itu, kripto harus diperlakukan sebagai aset atau komoditi digital.

sumber

The post Bikin Aturan Main Perdagangan Kripto, Kemendag Mau Gandeng BI appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: CNBC Indonesia

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Associated Press Bakal Jadi Node Chainlink (LINK)
October 23, 2021By
Bos Ripple Jumawa: Kami Akan Ambil Alih Posisi Ether (ETH)
October 23, 2021By
Game Kripto dan NFT Terbaik Dengan Berbagai Hadiah
October 23, 2021By

Related Posts