Kabar Baik, Bitcoin Kembali Bangkit Ke 60.000 USD Setelah 6 Bulan Terpuruk

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Kabar Baik, Bitcoin Kembali Bangkit Ke 60.000 USD Setelah 6 Bulan Terpuruk

Sejak bulan April 2021 harga bitcoin mencapai ATH nya di harga 64.895 US Dollar. Setelah ATH tersebut harga Bitcoin mengalami penurunan yang cukup signifikan dengan range harga sebesar 50 % dari 64.000 turun hingga 30.000 US Dollar pada tanggal 19 Juli 2021. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pelarangan penambangan Bitcoin di China, hancurnya harga token Titan serta faktor pengaruh lainnya. 

Ada juga faktor lain yang sangat mempengaruhi jatuhnya harga Bitcoin antara lainnya yaitu seperti cuitan Elon Musk setelah acara SNL (Saturday Night Live) dan juga tentang penggunaan energi penambangan Bitcoin yang dikhawatirkan oleh Elon Musk. 

Setelah tanggal 19 Juli 2021 harga Bitcoin mulai bangkit menuju ke harga 40.000 US Dollar pada akhir Juli 2021. Pada awal Agustus 2021 harga bitcoin hanya mengalami sedikit koreksi ke harga 37.500 US Dollar. 

Setelah koreksi, harga mengalami trend kenaikan hingga harga 52.800 US Dollar pada tanggal 9 September 2021. Setelah mencapai harga 50.000 US Dollar harga Bitcoin mengalami koreksi sebesar 25 persen ke harga 39.500 an US Dollar dan setelah koreksi mengalami kenaikan mulai tanggal 29 September 2021 dari harga 40.000 US Dollar menuju ke harga 62.000 US Dollar pada tanggal 15 Oktober 2021 kemarin. 

Faktor Kenaikan Harga BTC

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kenaikan harga Bitcoin akhir-akhir ini, salah satunya yaitu ETF Bitcoin. ETF (Exchane-trade Fund) Bitcoin  merupakan sebuah sarana untuk investasi layaknya saham yang bergerak berdasarkan nilai aset dasar. ETF dapat membuat calon investor untuk masuk kedalam pasar tanpa ada resiko pada saat membeli aset tersebut. 

Adanya ETF, dapat memungkinkan kenaikan harga yang cukup signifikan karena minimnya risiko saat melakukan investasi. ETF sendiri memiliki beberapa keunggulan antara lainnya yaitu kemudahan diversifikasi, lebih likuid dan fleksibel, dan pastinya lebih transparan. 

Selain itu ada beberapa faktor lain seperti penerapan regulasi kripto di beberapa negara seperti Sri Lanka yang mulai membentuk komite untuk mengatur kebijakan keuangan digital, dan Ukraina yang telah mengesahkan kripto sebagai komoditas di Ukraina dan akhir-akhir ini Vladimir Putin (Presiden Rusia) mulai membicarakan tentang kripto. Pengaruh kebijakan suatu negara terhadap harga kripto sangatlah sensitif, hal ini karena kripto sendiri merupakan sebuah aset yang terdesentralisasi dan lebih transparan dalam hal transaksi dan juga termasuk mata uang digital yang aman dan cepat. 

Selain regulasi kebijakan, faktor lain yang mempengaruhi kenaikan harga Bitcoin yaitu semakin bertambahnya penambang Bitcoin. El Salvador membeli 200 Bitcoin sehingga sangat berpengaruh terhadap sentimen positif tentang Bitcoin. Adopsi besar-besaran bitcoin di El Salvador menurut presiden El Salvador, Nayib Bukele bahwa penerapan mata uang kripto di negaranya sudah berhasil secara optimal. Hal ini dapat memungkinkan negara lain untuk mengadopsi kripto sebagai mata uang. 

Tips Trading Kripto

Setelah mengetahui kabar baik tentang Bitcoin, maka berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk kamu yang baru pertama kali trading kripto di Tokocrypto. 

1. Siapkan Strategi Dagang

Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia perdagangan kripto alangkah baiknya kamu mempersiapkan strategi yang matang sebelum mulai membeli dan menjual. Banyak strategi yang bisa kamu terapkan seperti Strategi Fibonacci, Strategi RSI dan Bollinger Band yang bisa kamu gunakan untuk menentukan peluang perdagangan kripto. 

Banyak sekali fitur fitur yang bisa kamu manfaatkan di aplikasi Tokocrypto seperti indikator EMA, MA dan Bollinger Band. Selain itu ada juga fitur lainnya seperti MACD dan RSI untuk mengetahui tingkat fluktuasi dan volume perdagangan. 

2. Mengelola Risiko

Kamu juga harus bisa mengelola risiko saat melakukan pembelian kripto. Banyak sekali trader yang terjebak FOMO atau yang sering kita sebut beli di pucuk. Hal ini membuat kamu harus menunggu agar harga berada diatas harga waktu kamu beli atau banyak trader juga yang sering cutloss (jual rugi), tentunya hal ini sangat tidak diinginkan. 

Maka dari itu dalam mengelola risiko kamu harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik jenis koin atau token yang kamu beli. Dengan mengetahui karakteristik koin kamu dapat mengetahui peluang kedepannya. 

3. Diversifikasi Portofolio Anda

Tidak ada gunanya jika kamu berinvestasi ke banyak kripto, karena jika kamu berinvestasi ke banyak kripto maka risiko yang akan kamu tanggung juga semakin tinggi. Walaupun terkesan bagus dan menguntungkan tapi alangkah baiknya kamu berinvestasi pada kripto yang memiliki fundamental yang berkualitas. Kamu juga harus bisa mengelola keuangan kamu pada setiap kripto yang kamu investasikan. 

4. Berinvestasi Jangka Panjang

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, lebih baik kamu berinvestasi dalam kripto untuk jangka panjang. Kripto memiliki harga yang fluktuatif, akan tetapi jika kamu memilih berinvestasi pada kripto yang memiliki fundamental yang bagus lebih baik kamu berinvestasi secara jangka panjang dengan jangka waktu sekitar satu tahun hingga dua tahun. Seperti saat ini harga Bitcoin dari tahun 2019 hingga 2021 mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan. Jadi jika kamu berinvestasi jangka panjang kamu bisa mendapatkan untung berkali-kali lipat.  

5. Penggunaan Bot

Buat kamu nih yang sering mengaami Fomo, alangkah baiknya kamu menggunakan bot untuk membantu kamu dalam menjalankan perdagangan kripto. Tokocrypto saat ini juga sudah bekerjasama dengan CryptoHero, yang mana CryptoHero merupakan aplikasi bot yang dapat mempermudah trading kripto. 

 

The post Kabar Baik, Bitcoin Kembali Bangkit Ke 60.000 USD Setelah 6 Bulan Terpuruk appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: Rina Kurniawan

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%
December 8, 2021By
Tokocrypto Dukung Djakarta Warehouse Project Virtual, Dorong Adopsi Kripto & NFT Menjadi Lifestyle Generasi Muda
December 8, 2021By
Ubisoft Masuk NFT dan Metaverse, Pakai Blockchain Tezos (XTZ)
December 8, 2021By

Related Posts