Inilah Tips Sebelum Memulai Investasi bagi Anak Muda

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Inilah Tips Sebelum Memulai Investasi bagi Anak Muda

Keterbukaan informasi terkait investasi di era digitalisasi secara nggak langsung membuat kita semua dapat mudah mengakses sumber-sumber instrumen investasi di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, bahkan yang terbaru di TikTok! Seiring dengan hal tersebut, munculnya para investor milenial yang ada juga membuat meleknya investasi di kalangan anak muda. 

Pentingnya Alokasi Keuangan untuk Investasi Sejak Dini 

Jika dulu investasi identik dilakukan oleh “orang tua” saja, kayaknya istilah itu makin nggak berlaku di kondisi yang sekarang! Investasi yang dilakukan sedari dini bermanfaat menambah penghasilan pasif Anda. Bahkan jika dilakukan dalam jangka panjang dan konstan bisa mencapai financial freedom

Mengutip istilah “nggak ada yang instan” rasanya sangat cocok untuk diterapkan pada pola pikir ketika berinvestasi, karena kembali lagi investasi adalah sebuah proses pembelajaran. Jadi, semakin Anda cepat memulai maka semakin terlatih pula kemampuan Anda. 

Tips Sebelum Terjun ke Dunia Investasi

Eits, buat Anda yang tertarik untuk memulai investasi simak terus artikel ini, ya! Berikut kami hadirkan beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memulai investasi:

  • Tentukan Tujuan

Jelas langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan dari investasi itu sendiri. Mulai dari rentang waktu yang pendek atau panjang, instrumen investasi yang akan dipilih, maupun tujuan penggunaan dana investasi di masa depan harus Anda pikirkan dan tentukan. Karena tentunya tujuan investasi tiap orang akan berbeda.

  • Pilih Jangka Pendek atau Jangka Panjang

Setelah menentukan tujuannya, kini saatnya Anda memilih investasi tersebut akan dilakukan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Biasanya untuk jangka pendek jangkauan waktu investasi dilakukan tak lebih dari 3 tahun. Sedangkan untuk jangka panjang waktu yang Anda perlukan mulai dari penanaman modal di awal hingga mengambil hasilnya membutuhkan rentang waktu lebih dari 3 tahun. 

  • Jangan FOMO

Siapa yang di sini ngerasa nggak mau ketinggalan karena melihat unggahan portofolio milik teman maupun kerabat di media sosial? Atau sedikit-sedikit panik karena mendengar atau melihat pemberitaan yang mengabarkan adanya fluktuasi harga di market? Ini nih yang dinamakan FOMO atau fear of missing out!

Wah, padahal yang namanya investasi itu nggak boleh melakukan transaksi jual beli menggunakan keputusan yang mendadak dan tak mendasar. Karena keputusan seperti itu bisa menyebabkan panic buying atau selling buying. Kalau sudah begitu bukannya untung yang akan didapatkan, malah rugi yang datang. 

  • Pakai Uang Dingin

Tips yang satu ini sepertinya nggak bakal bosen untuk selalu diulang-ulang agar kita semua tak terlena menggunakan uang kebutuhan sehari-hari. Jadi istilah uang dingin yang dimaksud ini adalah uang menganggur yang tidak digunakan untuk memenuhi kehidupan, atau bisa juga uang yang memang sudah Anda sisihkan untuk investasi. Nah, dengan begitu biaya yang Anda butuhkan untuk kebutuhan hidup nggak akan terganggu. 

  • Edukasi Diri

Last but not least adalah tentunya Anda harus terus selalu mempelajari instrumen investasi yang Anda pilih! Dengan mencari tahu tentang strategi, kondisi pasar, maupun macam-macam indikator yang bisa digunakan tentunya akan sangat membantu Anda untuk tidak FOMO seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Kini banyak sekali sumber-sumber yang bisa Anda pelajari mulai dari berbagai platform media sosial, mengikuti webinar, ataupun course bisa Anda pilih!

Tunggu apalagi? Sekarang sudah jamannya investasi dilakukan oleh anak muda! Yuk, pilih aset kripto sebagai instrumen investasi Anda! Pastikan Anda berinvestasi aset kripto di exchange yang aman, mudah, dan terpercaya yakni Tokocrypto, ya! Daftarkan diri dan selesaikan KYC Anda sekarang juga hanya di www.tokocrypto.com

The post Inilah Tips Sebelum Memulai Investasi bagi Anak Muda appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: Alphonso Capone

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%
December 8, 2021By
Tokocrypto Dukung Djakarta Warehouse Project Virtual, Dorong Adopsi Kripto & NFT Menjadi Lifestyle Generasi Muda
December 8, 2021By
Ubisoft Masuk NFT dan Metaverse, Pakai Blockchain Tezos (XTZ)
December 8, 2021By

Related Posts