Ketahui Penggunaan Indikator Ichimoku Cloud dalam Trading!

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Ketahui Penggunaan Indikator Ichimoku Cloud dalam Trading!

Tiap kali kita mendengar istilah trading aset kripto, mungkin Anda akan berpikir jika kegiatan tersebut sangat susah untuk menghasilkan cuan. Padahal trading tidaklah sesulit itu asalkan Anda mempelajari strateginya, terlebih bagaimana menggunakan indikator dalam trading. Ada banyak indikator yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah indikator Ichimoku Cloud.

Berikut kami hadirkan penjelasan lengkap mengenai indikator Ichimoku Cloud. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Ichimoku Cloud?

Ichimoku Cloud merupakan indikator yang dikembangkan oleh seorang jurnalis bernama Goichi Hosada di tahun 1960-an. Kehadiran indikator ini diciptakan untuk memberikan gambaran agar Anda dapat mengetahui level support atau resistance, serta menentukan arah tren sehingga dapat membantu Anda untuk mengetahui sinyal kapan untuk membeli atau menjual dan juga level stop

Indikator ini sebenarnya mirip dengan indikator Moving Average. Namun pada indikator ini terdapat tambahan komponen seperti: Cloud atau Kumo, Tenkan Sen, Kijun Sen, dan Chikou Span. Karenanya penggunaan indikator ini cukup memberikan perhitungan yang akurat bagi trader dibandingkan indikator Moving Average tersebut. Inilah penjelasan dari komponen yang ada:

  • Cloud atau Kumo

Cloud atau awan adalah komponen yang penting dalam indikator Ichimoku karena ia dapat menunjukkan area support atau resistance. Cloud sendiri dibatasi oleh garis yang bernama Senkou Span A dan Senkou Span B. 

Nah, ketebalan dan bentuk cloud ini bisa berubah-ubah sesuai dengan perubahan harga yang terjadi di pasar. Cloud yang tebal menandakan volatilitas pasar yang semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Jadi, menebalnya awan menandakan area support atau resistance yang juga menebal. Ini umumnya terjadi ketika tren sudah mulai melemah. 

  • Tenkan Sen dan Kijun Sen

Tenkan Sen adalah kurva berwarna merah yang berfungsi sebagai level support atau resistance yang menunjukkan arah tren. Sedangkan Kijun Sen adalah kurva berwarna biru yang berfungsi sebagai konfirmator arah tren. 

  • Chikou Span

Komponen Chikou Span adalah kurva berwarna hijau yang berguna bagi Anda dalam memberikan konfirmasi lebih lanjut tentang posisi tren apa yang sedang terjadi. 

Proses trading menggunakan indikator ini dilakukan dengan cara menghitung seluruh parameter yang berbeda ke dalam aktivitas trading. Garis indikator Ichimoku dapat dihitung berdasarkan titik-titik parameter dalam histori pergerakan harga dalam periode waktu tertentu.  Adapun rumusnya adalah: 

  • Tenkan Sen : (Highest High + Lowest Low) dibagi 2, dengan periode standar 9.
  • Kijun Sen: (Highest High + Lowest Low) dibagi 2, dengan periode standar 26.
  • Chikou Span: Harga penutupan dan kemudian digeser ke belakang sebanyak 26 periode.
  • Senkou Span A: (Tenkan Sen + Kijun Sen) dibagi 2, kemudian dimajukan sebanyak 26 periode.
  • Senkou Span B: (Highest High + Lowest Low) dibagi 2 dari 52 candle terakhir, lalu dimajukan sebanyak 26 periode. 

Cara membaca Ichimoku Cloud

Ichimoku Cloud bisa Anda gunakan untuk mengetahui sinyal bullish dan bearish yang terjadi di pasar. Sinyal bullish yang kuat dapat dilihat apabila Cloud posisinya berada di bawah harga, semntara itu Tenkan Sen berada di atas Kijun Sen, dan begitu juga pada Chikou Span yang berada di atas harga. Sementara sinyal bullish yang lemah dapat dilihat jika Cloud berada di atas harga, Tenkan Sen di atas Kijun Sen namun di bawah Cloud, dan Chikou Span berada di atas harga. 

Begitu pun sebaliknya, ketika sinyal bearish yang kuat dapat ditandai oleh posisi Cloud yang berada di atas harga, sementara Tenkan Sen berada di bawah Kijun Sen dan Chikou Span yang juga berada di bawah harga. Sementara sinyal bearish yang lemah ditandai apabila Cloud berada di bawah harga, Tenkan Sen di bawah Kijun Sen namun di atas Cloud, dan Chikou Span yang berada di bawah harga.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai indikator Ichimoku Cloud pada trading aset kripto. Perkaya informasi lainnya mengenai aset kripto hanya di Tokonews dari Tokocrypto! Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda untuk trading dan investasi aset di  www.tokocrypto.com sekarang juga!

The post Ketahui Penggunaan Indikator Ichimoku Cloud dalam Trading! appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: Alphonso Capone

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%
December 8, 2021By
Tokocrypto Dukung Djakarta Warehouse Project Virtual, Dorong Adopsi Kripto & NFT Menjadi Lifestyle Generasi Muda
December 8, 2021By
Ubisoft Masuk NFT dan Metaverse, Pakai Blockchain Tezos (XTZ)
December 8, 2021By

Related Posts