Wajib Tahu! Inilah Ragam Jenis NFT yang Diperjualbelikan

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Wajib Tahu! Inilah Ragam Jenis NFT yang Diperjualbelikan

Akhir-akhir ini perkembangan NFT di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak warganet yang memperbincangkan NFT di berbagai media sosial, seperti Discord, Facebook, dan Twitter. Semakin cepatnya perkembangan NFT, semakin banyak pula jenis NFT yang hadir. 

Penasaran apa aja jenis NFT yang diperjualbelikan? Yuk, simak bareng!

NFT, Angin Segar bagi Bidang Seni dan Hiburan

Merupakan singkatan dari Non-Fungible Token, NFT adalah token digital yang ditautkan ke dalam sistem blockchain yang bisa digunakan untuk menjual dan membeli berbagai karya seni, seperti video, musik, tweet, desain, animasi, meme, dan sebagainya. 

Dikarenakan fungsinya yang dapat digunakan untuk menjual karya seni, bisa disimpulkan NFT adalah sebuah angin segar yang hadir khususnya bagi para seniman dan kolektor. Ini dikarenakan, melalui NFT, para seniman secara otomatis akan mendapat bukti sertifikasi kepemilikan karya digital dan bisa menjual karyanya.

Hal di atas juga berlaku untuk penikmat seni dan hiburan. Mereka bisa membeli berbagai karya digital unik di dalam sistem blockchain, dan tentunya mendapat sertifikasi kepemilikan dari sang pembuat karya bila akhirnya penikmat seni sepakat untuk membeli karya tersebut.

Artist dan Collector, Para Aktor dalam Dunia NFT

Dalam dunia NFT, mereka yang menghasilkan dan memamerkan karyanya melalui NFT disebut sebagai artist atau creator. Para creator bisa datang dari berbagai kalangan, seperti seniman dan musisi. Melibatkan NFT dalam pembuatan karya tentu menjadi terobosan bagi para creator karena bisa menghilangkan barrier atau batasan seperti lokasi dan waktu.

Setelah creator, ada collector. Collector adalah mereka yang menikmati seni NFT dan berpotensi untuk membeli karya NFT. Tujuan collector dalam membeli seni NFT pada umumnya adalah karena menyukai seni tersebut atau dijadikan sebagai aset investasi, karena tidak menutup kemungkinan harganya akan melambung tinggi di masa depan.

Jenis-jenis NFT yang Sering Ditemukan

Setelah mengetahui para aktor dalam dunia NFT, berikut jenis-jenis NFT yang populer dan diperjualbelikan saat ini:

1. NFT Art

NFT Art adalah salah satu jenis NFT yang paling banyak dibuat oleh para kreator. Secara sederhana, NFT Art merupakan karya seni yang diterbitkan ke dalam bentuk token kripto dan dapat diperjualbelikan pada sistem blockchain. Karya seni pada NFT Art biasanya merujuk kepada desain, video, logo, dan sebagainya.

Kreator yang akan menjual NFT Art-nya bisa memamerkan karyanya kepada calon kolektor potensial melalui berbagai marketplace yang tersedia.

2. NFT Music

Bagi musisi, NFT bisa digunakan untuk membagikan kepemilikan lagu kepada para pendengar setianya dan kolektor pecinta musik. Terlebih lagi, NFT Music masih terbilang jarang dan sulit ditemukan. Dilansir dari Ditto Music (2/6/21), sampai saat ini kurang lebih terdapat 150 karya NFT Music yang beredar dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Untuk para musisi dan kolektor yang ingin memamerkan serta menikmati NFT Music, Anda bisa mencarinya pada marketplace Opulus. Opulus adalah platform pertama yang mengeluarkan copyright untuk NFT Music dan bisa menjadi opsi bagi para musisi di tengah pandemi COVID-19 untuk mendatangkan passive income

3. NFT Game

Pada dasarnya yang bisa dikategorikan ke dalam NFT Game adalah item atau komponen pelengkap pada game, seperti skin, aksesoris, kartu, dan sebagainya.

Bagi para gamers, tentu hal ini menjadi ladang cuan, karena mereka bisa memiliki NFT Games yang unik dan bisa menjualnya kembali di pasar game berbasis blockchain. Selain itu, jika semakin banyak kolektor yang membeli NFT Game, tentu saja hal ini bisa mendongkrak ekosistem perekonomian di dalam game tersebut.

Itulah ragam jenis NFT yang populer dan sering diperjualbelikan. Untuk melihat lebih banyak koleksi NFT, yuk kunjungi https://mall.tokoscape.com/ dan miliki karya seni NFT sekarang juga!

The post Wajib Tahu! Inilah Ragam Jenis NFT yang Diperjualbelikan appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: Alphonso Capone

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%
December 8, 2021By
Tokocrypto Dukung Djakarta Warehouse Project Virtual, Dorong Adopsi Kripto & NFT Menjadi Lifestyle Generasi Muda
December 8, 2021By
Ubisoft Masuk NFT dan Metaverse, Pakai Blockchain Tezos (XTZ)
December 8, 2021By

Related Posts