Inilah Negara Pertama yang Meluncurkan Proyek NFT-nya Sendiri!

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Inilah Negara Pertama yang Meluncurkan Proyek NFT-nya Sendiri!

Jika membahas mengenai aset kripto, tentu seluruh dunia telah ikut mengalami dampaknya, tidak hanya negara tertentu saja. Namun, terdapat satu negara yang mengadopsi aset kripto dengan lebih masif dibandingkan negara lainnya, yaitu Slovenia. Baru-baru ini Slovenia meluncurkan proyek NFT-nya sendiri, lho! Yuk, ketahui lebih lengkapnya!

Mengenal Slovenia dan Julukannya sebagai “The Crypto Country”

Negara yang terletak di jantung benua Eropa ini mendapat julukan “The Crypto Country”. Pasalnya, Slovenia memiliki ekosistem aset kripto yang sangat besar dan meluas hingga ke seluruh negeri. Pengembangan ekosistem ini sudah dilakukan oleh Slovenia sejak lama dan banyak inovasi yang tercipta di tahun 2018. 

Di tahun tersebut, pemerintah Slovenia mengusulkan untuk memperluas jangkauan aset kripto di seluruh negeri sambil mengembangkan framework untuk digital currencies. Berkat hal itu, Slovenia sukses meluncurkan shopping center berbasis crypto-friendly pertama di dunia dengan lebih dari 500 tenants yang diberi nama BTC City. 

Seiring berjalannya waktu, Slovenia juga mulai melakukan riset dengan pendekatan secara hukum dalam memanfaatkan keberadaan teknologi blockchain. Pemerintah Slovenia ingin membuat peraturan yang ramah terhadap aset kripto, agar masyarakat dapat dengan mudah mengadopsinya dalam kehidupan sehari-hari. 

Di Slovenia, sudah banyak tempat yang memperbolehkan para pengunjungnya melakukan pembayaran dengan aset kripto Bitcoin Cash (BCH), lho. Selain membuat aset kripto sebagai alat pembayaran yang sah, Slovenia juga tidak mengenakan pajak terhadap hasil pendapatan dari trading aset kripto.

Perkembangan Blockchain di Slovenia

Dalam membahas adopsi teknologi blockchain yang masif di Slovenia dengan kacamata yang lebih luas, komunitas blockchain di Slovenia terbentuk tidak lama setelah Bitcoin lahir, sekitar tahun 2009. Dalam komunitas, para anggota saling berbagi informasi mengenai perkembangan blockchain dan pemanfaatannya. Dapat dibilang Slovenia merupakan negara yang menyambut kehadiran teknologi baru ini dengan antusiasme yang tinggi. 

Dikutip dari Slovenia Times, pada tahun 2016, program crypto-crowdfunding Slovenia berhasil mendanai perusahaan yang baru dirintis atau startup. Program pendanaan ini masih terus berlanjut di tahun-tahun setelahnya, yaitu 2017 dan 2018. Hingga tahun 2020, masih ada beberapa startup yang didanai oleh program tersebut yang masih aktif beroperasi.

Selanjutnya pada tahun 2019, Slovenia berhasil meluncurkan infrastruktur uji blockchain bernama SiChain. Teknologi SiChain dirancang sebagai wadah penggunaan blockchain bagi perusahaan dan lembaga negara. Dalam penggunaannya, SiChain akan berperan dalam membantu pencatatan dan verifikasi dokumen.

Slovenia Menjadi Negara Pertama yang Meluncurkan Proyek NFT

Sebagai negara yang hidup berdampingan dengan teknologi blockchain, Slovenia juga memutuskan untuk meluncurkan proyek NFT. Hal ini membuat Slovenia menjadi negara pertama di dunia yang berhasil melakukan penerbitan NFT nasional tersebut. Uniknya, koleksi NFT ini ditawarkan dengan bebas tanpa dipungut biaya.

Dilansir dari Gadgets 360, Technology Park Ljubljana bersama dengan Kementerian Pengembangan Ekonomi dan Teknologi dan SPIRIT Slovenia menjadi representatif negara Slovenia dalam CED 2021: Crypto Expo Dubai. 

Nah, koleksi NFT yang diluncurkan oleh Slovenia ini terdiri dari koleksi foto pemandangan beberapa destinasi wisata di Slovenia yang diambil dengan kamera berteknologi 360 derajat dan mode panoramic. Beberapa destinasi wisata ternama di Slovenia antara lain adalah Lake Bled, Terme Olimia, dan Postojna Cave.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Karya Seni NFT yang Populer!

Para pengunjung yang datang ke CED 2021 ini menerima NFT dalam bentuk gift card saat mengunjungi booth negara Slovenia, tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun. Pada gift card, tertera delapan digit angka sebagai PIN dan instruksi untuk mengakses wallet untuk klaim NFT. Selain itu, para pengunjung yang berhasil mengklaim NFT milik Slovenia ini berkesempatan untuk membuat digital wallet yang dibentuk dalam teknologi blockchain Slovenia.

Sekretaris Negara Slovenia, Simon Zajc, menyatakan bahwa proyek NFT nasional yang diluncurkan oleh Slovenia ini merupakan bagian dari pengembangan ekosistem blockchain dan aset kripto di Slovenia. Sekaligus untuk mempromosikan kemajuan perekonomian dan pariwisata dari negara Slovenia sendiri.

Jadi, itu dia penjelasan mengenai negara kripto Slovenia dan upayanya dalam mengembangkan ekosistem blockchain dan aset kripto di negaranya dengan menjadi negara pertama di dunia yang merilis proyek NFT nasional. Keren banget, ya! Jika Anda tertarik untuk mendalami seluk-beluk dunia NFT khususnya di Indonesia dan ingin ikut menerbitkan NFT juga, yuk kunjungi mall.tokoscape.com sekarang!

The post Inilah Negara Pertama yang Meluncurkan Proyek NFT-nya Sendiri! appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: Alphonso Capone

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%
December 8, 2021By
Tokocrypto Dukung Djakarta Warehouse Project Virtual, Dorong Adopsi Kripto & NFT Menjadi Lifestyle Generasi Muda
December 8, 2021By
Ubisoft Masuk NFT dan Metaverse, Pakai Blockchain Tezos (XTZ)
December 8, 2021By

Related Posts