Investasi Saat Pandemi, Apa Pilihannya yang Terbaik?

RCI - Rumah Crypto Indonesia > Berita Crypto > Investasi Saat Pandemi, Apa Pilihannya yang Terbaik?

Pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri pada masyarakat Indonesia soal mengelola keuangan. Investasi saat pandemi jadi cara pengelolaan keuangan yang banyak diminati belakangan ini.

Bahkan, menurut studi dari Investor Global Schroders 2021, di 32 lokasi global terdapat sejumlah 46 persen atau hampir setengah dari investor yang berusia 18-37 tahun menyimpan dananya untuk diinvestasikan lebih banyak setelah pembatasan sosial dicabut.

Investasi dinilai sangat berguna untuk masa mendatang, terutama jika kembali datang masa-masa tidak pasti seperti pandemi ini. Selain itu, berinvestasi juga melatih diri agar cerdas dalam mengelola keuangan.

Apakah kamu juga tertarik investasi saat pandemi? Lalu apa saja investasi yang cocok saat pandemi dan bagaimana cara berinvestasi secara aman saat pandemi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca jugaInilah Tips Sebelum Memulai Investasi bagi Anak Muda

Alasan pentingnya investasi saat pandemi

Di tengah pandemi, banyak orang yang mengalami ketidakpastian soal pekerjaan dan pendapatan. Investasi menjadi penting karena bisa digunakan sebagai alternatif pendapatan selama pandemi Covid-19.

Hasil riset Danareksa Research Institute menyebutkan, sebanyak 33,33 persen responden beralasan memulai investasi selama pandemi karena berharap menjadi alternatif pendapatan.

Ada dua alasan lainnya yang mendorong masyarakat berinvestasi saat pandemi, yakni kelebihan dana, berharap imbal hasil besar, serta akses investasi yang kini lebih mudah.

Selain itu, investasi juga tidak luput dari perekonomian Indonesia. Kondisi ekonomi Indonesia disebutkan mencakup tiga komponen penting, yaitu konsumsi rumah tangga, sektor bisnis untuk investasi, dan juga ekspor impor dalam sektor luar negeri.

Jika ada penurunan pada salah satu komponen, maka akan terjadi penurunan pada dua komponen yang lain. Di sini peran investasi jadi penting untuk pemulihan ekonomi di Indonesia, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini.

Sebab, investasi berupa penanaman modal meningkat akan berdampak positif pada proses produksi dalam bisnis dan nantinya juga akan berimbas pada meningkatnya konsumsi rumah tangga.

Investasi juga dapat dilakukan dalam berbagai cara, bisa melalui peningkatan kemampuan diri, peningkatan pemahaman akan instrumen investasi, dan juga peningkatan imunitas diri kita.

Punya investasi dalam bentuk asuransi kesehatan juga bisa menjadi salah satu pilihan, apalagi kini banyak asuransi yang memberikan proteksi kesehatan lengkap dengan biaya terjangkau. Kamu bisa temukan asuransi kesehatan terbaik mulai Rp50 ribuan hanya di Lifepal!

Baca juga4 Aset Kripto yang Berpotensi untuk Investasi di Masa Pandemi

Investasi yang cocok saat pandemi

Lantas, apa saja investasi yang cocok saat pandemi? Ada banyak sekali instrumen investasi yang dapat dieksplor, mulai investasi saham, emas, properti, emas, obligasi, asuransi seperti asuransi mobil dan jiwa unit link, atau bahkan cryptocurrency yang kini sedang naik daun.

Kamu bisa mencoba lima investasi terbaik saat pandemi berikut ini:

1. Properti
Investasi properti tanah dan bangunan memiliki nilai investasi jangka panjang yang cukup tinggi, mengingat nilai jual tanah yang meningkat tiap tahunnya.

Mengapa harus investasi properti? Saat pandemi, banyak pemilik properti yang menawarkan harga menarik, bahkan ada yang memberikan penawaran khusus.

Meski minat investor terhadap investasi menurun, namun justru bisa dilihat sebagai kesempatan menjadikan investasi masa depan. Terutama jika perekonomian kembali pulih nanti.

2. Emas
Investasi emas masih terbukti cukup menguntungkan, sebab nilainya yang mengalami peningkatan dan tingkat likuiditasnya yang sangat tinggi.

Investasi emas juga minim risiko dan tahan dari fluktuasi inflasi. Tentunya aman bagi kamu yang ingin memiliki investasi yang mudah ditukarkan jadi uang tunai sewaktu-waktu.

3. Obligasi
Obligasi milik pemerintah biasanya memiliki bunga yang menjadi kewajiban pinjaman. Umumnya obligasi memiliki jangka waktu investasi yang cukup panjang, bisa mencapai 10 tahun.

4. Saham
Saham bisa jadi pilihan investasi jangka panjang dengan keuntungan yang cukup besar. Saham belakangan jadi favorit para investor muda dalam mengelola keuangan.

Nilai saham dapat naik, bahkan secara signifikan dalam jangka waktu yang panjang. Investasi saham kini sering dibarengi dengan aset kripto yang cukup populer karena dinilai menguntungkan.

5. Reksa dana
Reksa dana merupakan investasi jangka panjang yang cocok untuk pemula, terutama bagi kamu yang belum benar-benar memahami instrumen lainnya seperti saham. Dalam reksa dana, kamu akan dibantu dengan manajer investasi dalam memilih saham terbaik.
Tips mudah berinvestasi saat pandemi.

Baca jugaYuk, Simak Perbedaan Reksa Dana dan Crypto Sebelum Investasi!

Tertarik untuk mulai berinvestasi? Nah, sebelum kamu mulai mencoba investasi saat pandemi, ada pentingnya untuk mengetahui tips-tips berikut ini:

1. Pilih investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang umumnya tidak akan terpengaruh kondisi saat ini, sehingga dalam beberapa waktu ke depan, investasi yang kamu jalan bisa mengalami kenaikan.

Namun, hindari menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari dan dana darurat untuk melakukan investasi jangka panjang, ya!

2. Pilih investasi yang aman
Jangan sampai kamu terkecoh dengan investasi bodong. Hanya karena suatu investasi sedang naik daun atau menjanjikan keuntungan bombastis, lantas kamu langsung mempercayakan seluruh investasimu pada instrumen tersebut.

Pilihlah investasi saat pandemi yang aman, terutama dari inflasi. Semakin naik inflasi, maka uang yang ada di tabungan bisa tergerus oleh bunga berjumlah fantastis.

3. Lakukan riset
Kalau kamu sudah menentukan jenis investasi saat pandemi yang ingin dilakukan, jangan lupa untuk lakukan riset mendalam. Pelajari seluk-beluk instrumen yang kamu pilih, seperti untung-ruginya, kesulitan, keunggulan, kekurangan, tingkat risikonya dan lainnya.

4. Alokasikan ke beberapa instrumen
Jangan terpaku dengan satu jenis instrumen saja, namun coba alokasikan dana ke beberapa jenis instrumen.

Hal ini penting sebab dapat mengurangi risiko terjadinya kemungkinan buruk yang memengaruhi salah satu aset investasi, sehingga kamu tidak akan khawatir semua aset milikmu akan mengalami kerugian.

5. Monitor secara berkala
Jangan lupa untuk terus lakukan monitor secara berkala, pantau peluang investasi yang dapat dilakukan dari hari ke hari. Sehingga kamu bisa lebih berhati-hati dan dapat mengatur strategi ke depan apabila terjadi risiko pada investasi yang kamu miliki.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk memulai investasi saat pandemi? Jangan lupa, tidak perlu ikut-ikutan tren dalam berinvestasi dan tidak membekali diri dengan ilmu yang cukup. Selamat berinvestasi!

Catatan Penulis
Tips ini dibuat oleh Frieda Isyana, Content Writer di Lifepal. Segala informasi yang ada pada artikel ini dapat dipertanggungjawabkan.

Ketika mengambil, menyadur, atau mengutip informasi di artikel ini diharapkan memberi link ke https://lifepal.co.id/asuransi/mobil/ agar memudahkan pembaca mendapatkan informasi selengkapnya.

The post Investasi Saat Pandemi, Apa Pilihannya yang Terbaik? appeared first on Tokocrypto News.

Go to Source
Author: Rina Kurniawan

RCI Token

RCI is a community token based on TRC20, that accelerating Blockchain literacy, inclusion and adoption towards real life use cases and application.

Trade $RCI on JustSwap & Bololex Market

Smart Contract Address (TRC-20) :
TL58C1nVAL8yxtvPX5vadVPdkidYXtdrXc

Recent News

Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%
December 8, 2021By
Tokocrypto Dukung Djakarta Warehouse Project Virtual, Dorong Adopsi Kripto & NFT Menjadi Lifestyle Generasi Muda
December 8, 2021By
Ubisoft Masuk NFT dan Metaverse, Pakai Blockchain Tezos (XTZ)
December 8, 2021By

Related Posts